Minuman kesehatan dari yogya

Butuh minuman penghangat tubuh? Bila kebetulan Anda berada di Kota Yogyakarta, uwuh bisa menjadi pilihan paling tepat.

Wedang uwuh, minuman penghangat asal Imogiri, Bantul, Yogyakarta, dipercaya berkhasiat menyehatkan tubuh. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti ‘minuman’, sedangkan uwuh bermakna ‘sampah’. Dinamakan demikian lantaran di dalam minuman ini dimasukkan berbagai dedaunan.


Tumpukan dedaunan ini dalam gelas membuatnya seperti sampah. Meskipun dinamakan sampah, minuman ini justru mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Lihat saja herbal yang digunakan, seperti potongan jahe gepuk yang dibakar, serutan kayu manis, serutan kayu cengkih, daun cengkih, daun pala, secang, dan gula batu yang diseduh dengan air mendidih. Rasa pedas wedang dibuat dari jahe, sedangkan warna merah didapat dari secang.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan jahe bersifat antikoagulan (antipenggumpalan darah). Rempah ini berkhasiat mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, serangan jantung yang lebih hebat dari bawang merah ataupun bawang putih, serta mampu menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati.

Bukan hanya kandungannya, bau harum khas jahe rupanya juga bermanfaat mencegah dan mengobati mual dan muntah, misalnya karena mabuk kendaraan atau pada wanita yang hamil muda. Itu karena jahe mampu memblokir serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual.

Adapun kayu secang telah lama dikenal sebagai bahan ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang. Penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada mengungkapkan, secang memiliki kemampuan antioksidan, antikanker, memperlancar peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

Adapun kayu manis, bukan hanya sebagai aroma. Banyak herbalis meyakini campuran jahe dan kayu manis berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidannya tinggi.

Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan dari kayu manis, seperti sakit perut, kembung, sakit kepala karena sinus, kelelahan, dan kelebihan berat badan.

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Coopass - Blogger Theme by BloggerThemes